Tips Mengerjakan Skripsi Ala-ala Kepepet


Skripsi. Begitu mendengar kata tersebut~kamu yang malas, jarang menulis kecuali status, dan semester sudah di titik darah penghabisan~pasti wajahmu akan menjadi layu seperti pohon randu yang sedang meranggas. Terasa berat kalau cuma dipikirkan,padahal dua tahun berlalu stop dijudul mulu. Butuh siraman rohani untuk sekedar atau lebih tepatnya untuk sejenak melupakan tugas ahir: skripsi.



Belum lagi bertemu pembimbing yang susah di temui padahal setiap hari ada di kantor, tapi begitu diajak janjian untuk ketemu bimbingan ada aja alasan yang memaksa mahasiswa menunggu berjam-jam, barangkali niatnya baik mengetes kesabaran atau memang wujud balas dendam turun-temurun.
Belum lagi rasa teraleniasi dari lingkungan kampus karena memang teman seangkatan sudah angkat koper duluan. Bahkan banyak adek kelas yang sudah menyalip ditikungan smester delapan karena dia kumlaude. Untuk menutupi kemaluan (baca:rasa malu) mahasiswa telat ngangkat toga berdalih mengurangi pengangguran terdidik dengan jalan menunda kelulusan. Boleh-boleh saja argumen semacam itu yang penting premisnya tepat supaya pernyataan tetap logis, sistematis.

Yang paling berat adalah pulang kerumah, setiap detik pasti pertanyaan kapan lulus akan selalu berbunyi seperti alarm yang lupa di matikan. Belum lagi ketika keluar rumah ketemu saudara yang ternyata anaknya sudah lulus, nikah dan hidupnya mapan, perasaan iri dengki tak tertahankan coy. Dari itu pilihannya adalah sembunyi di balik pintu kos-kosan dengan dalih fokus ngerjain sekripsi, padahal main ‘mobile legend’. Iya to.

Derita lain bagi mahasisa, eh—siswa adalah kiriman sudah mulai berkurang sebagai kode untuk segera menyelesaikan kuliah, tak jarang banyak yang berpikir pragmatis untuk membeli skripsi dengan harga jutaan. Padahal itu tidak baik lo mas-mas, mbak-mbak. Apapun jadinya skripsimu lebih baik kerjakan sendiri, kalau pengen cepat kerjakan secara bergotong-royong, dijamin cepat dan tetap menjaga kearifan lokal—gotong-royong—yang hampir punah tergerus oleh semangat kerja upah.
Pada dasarnya mengerjakan sekripsi itu mudah kok, kalau kamu tidak merasa sulit. Supaya lancar mengerjakan skripsi dan cepat lulus memakai toga dan bisa berfoto dengan begron gambar buku, pegang bunga dan boneka, simak tips berikut ini, dijamin bila skripsi masih tidak bisa dilanjut hubungi dokter, maksutnya pembimbing.

Langkah pertama yang harus kamu siapkan adalah niat yang tulus. Yakinlah apapun pekerjaan yang akan kamu lakukan tanpa ada niat yang tulus pasti tak akan terealisasi, walaupun terealisasi hasilnya kurang maksimal. Niat tulus akan mengalahkan godaan yang merintangimu untuk mengerjakan skripsi. Bagaimana menumbuhkan niat yang tulus, caranya gampang, ingatlah siapa yang membiayaimu kuliah, dan dia sudah rindu ingin melihat kamu lulus dan jadi orang. Kalau kamu kuliahnya biaya sendiri ingatlah biaya kuliah itu mahal.

Langkah yang kedua adalah mulailah. Setelah niatmu lurus maka jangan tunda untuk memulai keburu niatmu luntur di gerus oleh hasrat lain: bermain mobile legend. Bingung mau memulai dari mana, mulailah dari memilih judul yang tidak rumit, pointnya yang penting judul yang diajukan diterima. Setelah itu kerjakan.

Langkah yang ketiga adalah tulislah, setelah niat dan sudah memulai tinggal di tulis, untuk memotivasi menulis skripsi, tulislah skripsimu di status Facebook kalau banyak yang mengelike kamu akan dapat suntikan semangat apalagi ada yang komen, sukur-sukur yang komen adalah disen pembimbingmu sekalian di koreksi kan! Atau tulis di twitter sekarang kan twitter versinya tambah menjadi 250 karekter, cukuplah buat nulis abstraksi, sukur-sukur banyak yang retwitt, berarti tulisanmu sangat berguna bukan hanya menjadi skripsi yang di koleksi di rak setelah penuh rak-nya di bakar dan di ganti yang baru, begitupun seterusnya.

Langkah yang ke empat rajin-rajinlah bimbingan dengan dosen, kalau bisa setiap hari temui dosen pembimbingmu. Karena dengan kamu rajin menemuinya ada dua kemungkinan, yang pertama dosenmu akan risih dan cepat di acc. Kemungkinan yang kedua dosenmu akan luluh melihat keseriusanmu dan akan di acc.

Cukup empat itu saja, mudah-mudahan dapat membantumu untuk cepat kelar skripsi dan sidang, kalaupun tulisan ini tidak membantumu dalam menulis skripsi paling tidak tulisan ini bisa menghiburmu yang galau karena skripsi, ingat dunia ini luas, jangan persempit hanya urusan skripsi.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment