MENCARI ARAB MELIHAT INDONESIA

Temanku yang satu ini paling mahir memprofokasi orang untuk membeli bukunya, kali ini aku terpaksa membeli dua buku darinya, walaupun sebenarnya kredit bukan cas. Hehe.

Buku yang pertama tentang Snouck yang berjudul mencari Arab, melihat Indonesia. Buku yang kedua berjudul Persekongkolan Ahli Makrifat karya pak Kunto.

Buku yang pertama tipis sekali sekitar 46 halaman, tapi harganya 35rb, coba bayangkan dan hitung berarti berapa harganya perlembar?

Karena buku ini tipis jadi aku pilih sebagai menu malam ini untuk memenuhi nutrisi otak yang tinggal setengah giga, selebihnya penuh oleh pikiran sekripsi (ojo mung dipikir le !), mengingat teman seangkatan sudah pada memakai toga. 

Judulnya menarik "MENCARI ARAB, MELIHAT INDONESIA: Kacamata Snouck Hurgronje tentang Hindia Belanda.

Sekilah judulnya aneh, mencari Arab, emang pernah hilang? Tapi ternyata maksutnya, Snouck adalah peniliti yang fokus penelitiannya pada Arab. 

Ia bernama lengkap Christiaan Snouck Hurgronje memulai karir akademik dan profesionalnya yang di fokuskan pada dunia Arab, terutama daerah jantung spiritualitasnya, yaitu Hijaz. Ia juga pernah mempublikasikan disertasinya yang kalau di bahasa Indonesiakan berjudul "Perayaan Mekkah".

Dalam penenelitiannya ia menggunakan metode partisipatif, ia memakai pakaian ala Arab, belajar agama termasuk juga belajar qur'an, bahkan ia ahirnya sunat. Kebayangkan gimana ekspresi pak"calak"nya ketika menyunat burung dewasa. 

Ia juga terkenal sebagai bapak kajian Islam Hindia Belanda, tentunya dengan segala macam dan kelebihannya. Dari itulah ia melihat Hindia Belanda dengan kacamata arab yang telah ia pelajari.

Kamu harus baca buku ini, tapi sebelum baca beli dulu dong, kamu tak akan menyesal dengan buku karya K W. FOGG. Kamu akan mendapat kesimpulan Islam di Hindia Belanda yang sekarang indonesia sebagai Islam yang kuat, tetapi ternoda oleh praktik kebudayaan lokal. Terlepas sepakat atau tidak dengan penelitian dia, ya monggo di kritisi, kan sekarang ada Islam Nusantara. Tapi sebelumnya jangan lupa, beli dulu ya.

Ehhh, maaf ko jadi iklan !

Previous
Next Post »
Thanks for your comment