Perbedaan Tiga Isme


Ada pertanyaan menarik yang di lontarkan salah satu kawan saat nongkrong di warung kopi. Pertanyaannya seputar isme-isme yang berkembang diawal abad ke 20. Kalian yang meminati sejarah pasti tau isme apa yang berkembang pada waktu itu.  Ya betul, isme tersebut adalah "komunisme, sosialisme, dan fasisme". 

Ketiga isme tersebut pernah menjadi penuntun jalannya sejarah umat manusia di awal abad ke 20, terutama di negara-negara Eropa. Ketiga isme ini lahir dari sistem yang mengagungkan kebebasan, sabdanya adalah "Laissez-faire" yang berasal dari kaum psiokrat di Perancis yang menentang pemerintah karena terlalu ikut campur dalam urusan perdagangan. Pada perkembangannya pemahaman tentang kebebasan inilah memunculkan isme baru bernama kapitalisme dengan buku pedoman "The Wealth of Nations" karya Adam Smith.

Dari sistem kapitalis akan melahirkan kompetisi, monopoli, eksploitasi yang berakibat pada kekalahan bagi yang lemah, alam menjadi rusak, jumlah kekayaan dikuasi oleh segelintir orang. Dari keaadaan seperti itu akan memunculkan reaksi balik sebagai obat untuk menyembuhkan luka ketidak adilan. Diawal abad ke 20 lahirlah obat yang dipercayai mampu memulihkan situasi masyarakat yang penuh ketidak adilan, obat tersebut dinamakan komunisme, sosialisme, fasisme. 

Ketiga isme tersebut memiliki semangat yang sama yaitu semangat untuk menghapus sistem kapitalisme yang dinilai tidak adil. Namun apa perbedaan dari ketiga isme tersebut. Anekdot pada abad ke 20 an akan menjawab secara gamblang tentang perbedaan dari ketiga isme tersebut:

Pertanyaan: "apaperbedaan antara komunisme, sosialisme, dan fasisme?" 
Jawab: "ketika petani memiliki 6 sapi, komunisme datang dan mengambil mereka semua. Sosialisme mengambil tiga dan meninggalkan mereka tiga. Fasisme membiarkannya memiliki mereka semua, memaksanya untuk memberi makan mereka semua, dan merawat mereka dengan baik—dan kemudian mengambil semua susunya. 
Gimina, sudah terjawab bukan, kalau belum baca refrensi yang banyak ya kak.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment